Website Pemberi Harakat Otomatis


1. Mishkal

Mishkal dibuat oleh tiga developer muslim yaitu Taha Zerrouki, Ziouche Walid dan Sohaib Afifi. 

Cara menggunakan siapkan teks yang ingin Anda lakukan Tasykil online, simpan di word atau notepad, selanjutnya masuk ke halaman awal Mishkal. Pastekan teks tadi ke kotak nomor 1 kemudian klik تشكيل dan hasilnya akan muncul di kotak nomor 2. Setelah keluas hasil dari Mishkal, kita bisa melakukan edit harakat pada huruf yang tidak sesuai harakatnya, Mishkal memberikan beberapa sugesti harakat yang bisa dipilih dengan mengklik tanda segitiga ke bawah pada setiap kata bahasa Arab.

Setiap kata bahasa Arab yang kita pilih akan muncul keterangan bentuk katanya pada bagian sebelah kiri yang saya tandai kotak merah, ini membantu pembelajar bahasa Arab belajar bentuk kata dan tata bahasa Arab.

2. Tashkeel

Website taskil yang kedua bernama rdi-tashkeel.com, jika Anda ingin mencari di halaman google, tuliskan kata rdi juga, jangan hanya tashkeel karena nanti bisa diarahkan ke situs yang lain.

Tashkeel dibuat oleh RDI atau “The Engineering Company for the Development of Digital Systems” yang pertama kali didirikan pada tahun 1993 di Kairo, Mesir. Selain Tashkeel, RDI juga membuat produk lain yaitu Kateb, Sotoor dan Natiq yang semuanya berbasis teknologi paling terbaru berbasi AI.

Tampilan awalnya akan berbahasa Inggris, karena Anda akan menulis harakat dalam bahasa Arab, maka perlu dirubah ke tampilan bahasa Arab, sila klik opsi bahasa Arab pada bagian atas sebelah kanan.

Kolom nomer 1 adalah kolom yang bisa Anda gunakan untuk mengcopy pastekan teks yang akan anda tasykil. Jumlah katanya hanya terbatas yaitu 200 kata saja. Klik شكّل yang ada di tombol paling tengah, hasil tasykil akan muncul di kolom nomer 2.

Ada pilihan copy hasil Tasykil, disarankan menggunakan opsi ini daripada mencopas secara manual karena hasilnya akan lebih rapi dari Taskeel langsung.

Kekurangan website ini adalah jumlah kata yang dibatasi.

Website lain yang dapat digunakan diantaranya:

  1. Learning Al-Jazeera : http://learning.aljazeera.net/
  2. Arabic-keyboard : http://www.arabic-keyboard.org/tashkeel/
  3. 7Koko.com : 7koko.com/apps/tashkil
  4. Syakalli : https://tashkeel.alsharekh.org/
Sumber: https://ahmadbinhanbal.com

Nughazi Media

Nughazi Media adalah media publikasi berbagai aplikasi ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama dalam berbagai format digital.

Post a Comment

Peraturan berkomentar :
1. DILARANG melakukan SPAM pada KOMENTAR blog ini.
2. DILARANG memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia.
3. DILARANG memberikan komentar diluar pembahasan/OOT(Out of Topic).
4. DILARANG melakukan PROMOSI/IKLAN.
5. DILARANG menyebarkan informasi palsu/Hoax.

Previous Post Next Post