The Message (film 1976)


The Message (bahasa Arab: الرسالة, Ar-Risālah; dikenal juga dengan Mohammad, Messenger of God) adalah sebuah film drama sejarah epik 1976 yang disutradarai oleh Moustapha Akkad. Film ini menceritakan kehidupan dan perjalanan Nabi Muhammad ﷺ. Dirilis dalam bahasa Arab (1976) dan bahasa Inggris (1977), The Message berguna sebagai sebuah pengenalan sejarah awal Islam. 
The Message menjadi nominasi Musik Orisinal Terbaik dalam Academy Awards ke-50, digubah oleh Maurice Jarre, tetapi kalah dan dimenangkan oleh Star Wars (digubah oleh John Williams).
Menceritakan sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW.Nabi Muhammad SAW menerima wahyu di gua Hira dan setelah itu beliau berusaha mengingatkan kaum Quraisy. Namun yang diperoleh Muhammad SAW justru ejekan, hinaan dan teror serta siksaan kepada beberapa pengikut beliau yang jumlahnya baru hanya puluhan.Teror semakin hari semakin menegangkan sehingga akhirnya Nabi Muhammad SAW diperintahkan Allah SWT untuk HIJRAH ke Madinah.
Sesampainya di madinah Muhammad SAW disambut oleh masyarakat Madinah dan dibuat rumah & tempat Ibadah dan dikenalah saat itu pemanggilan umat melalui Adzan.Semakin hari umat Islam semakin berkembang di Madinah, namun disisi lain dikota Mekah justru sebaliknya banyak provokasi dan ejekan serta fitnah dilakukan kaum Quraisy atas diri Nabi Muhammad SAW khususnya oleh Abu Sofyan yang sangat membenci Nabi Muhammad SAW.
Selanjutnya Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk menyerang Mekah (dikenal dengan Perang badar) supaya tidak terjadi Fitnah lagi dengan hasil kemenangan yang gemilang dipihak kaum muslimin.Sebagai tindak balasan kaum Quraisy menyerang kaum Muslim (dikenal dengan perang Uhud) dengan hasil kemenangan dipihak kaum Quraisy yang saat itu Abu Sofyan menyatakan keadaan sudah 1-1 perang Badar sudah dibayar dengan perang Uhud yang kemudian dilanjutkan dengan perjanjian perdamaian. Dalam kondisi perdamaian, ternyata banyak kaum Quraisy yang tergugah dan dibuka pintu hatinya oleh Allah SWT termasuk Abu Sofyan sendiri & keluarganya masuk Islam.Akhirnya datanglah waktunya perintah Allah SWT kepada Muhammad untuk kembali ke Mekah untuk melakukan Ibadah Haji sekaligus mengambil alih Ka’bah dan mengembalikannya menjadi Rumah Allah SWT (Baitullah).
Dengan diiringi oleh ratusan ribu umat Islam, Nabi Muhammad SAW datang ke Mekah dan disambut oleh penduduk Mekah dengan rasa ketakutan dan terjadilah pengambil alihan Ka’bah. Semua berhala dikeluarkan, dikumpulkan, dibakar sedang yang terbuat dari Emas dukumpulkan untuk dizakatkan kembali kepada rakyat. Inilah awal mulanya ibadah Haji dilakukan oleh kaum Muslimin. Sejak saat itu Islam semakin berkembang dan mendobrak hati setiap manusia dibumi Mekah dan Madinah serta merobah akhlak dan pola hidup jahiliyah yang mereka anut sebelumnya.
Nughazi Media

Nughazi Media adalah media publikasi berbagai aplikasi ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama dalam berbagai format digital.

Post a Comment

Peraturan berkomentar :
1. DILARANG melakukan SPAM pada KOMENTAR blog ini.
2. DILARANG memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia.
3. DILARANG memberikan komentar diluar pembahasan/OOT(Out of Topic).
4. DILARANG melakukan PROMOSI/IKLAN.
5. DILARANG menyebarkan informasi palsu/Hoax.

Previous Post Next Post