Perpustakaan Islam Digital: Referensi Keislaman bagi para pencari ilmu.


Perpustakaan Islam Digital merupakan salah satu program dari PKH (Pusat Kajian Hadis) yang berpusat di Jakarta. PKH merupakan sebuah lembaga khusus yang mengkaji Al-Qur’an dan hadis secara mendalam, sekaligus sebagai wadah dan media untuk menyebarkanluaskan hadis Nabi saw. agar ajaran agama Islam tetap terjaga kemurniannya. Perpustakaan Islam Digital lahir dengan harapan agar mempermudah seluruh umat dalam mengkaji dan mempelajari Islam terutama bagi orang-orang dalam lingkungan pesantren seperti para santri, ustadz, dan alim ulama.

Pusat Kajiah Hadis (PKH) sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas program ini bercita-cita agar pengkajian hadis maupun Al-Qur’an di Indonesia dapat lebih berkembang. Mengingat saat ini kajian hadits masih tergolong lemah dibandingkan kajian bidang keilmuan yang lain. Hal ini dapat dilihat dari masih kurangnya pakar Al-Qur’an dan hadis, minat mahasiswa untuk mengkaji isi kandungannya masih rendah, dan juga koleksi kitabnya yang sangat minim. Inilah yang menjadi salah satu alasan digagasnya program perpustakaan Islam digital.

Kelebihan perpustakaan digital Islam dibandingkan perpustakaan lain tentu saja dari kemudahan dalam menggunakan setiap fitur yang disediakan. Karena menggunakan bahasa Indonesia, proses mencari kitab yang diinginkan menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu, kitab-kitab yang termuat dalam perpustakaan atau maktabah lain memiliki beberapa kekurangan misalnya seringkali teksnya kurang lengkap dari kitab aslinya, tidak bisa dijadikan rujukan sumber secara akademik, belum berbentuk pdf, mengaksesnya harus selalu menggunakan internet, serta tidak bisa disimpan/diunduh.

Dalam pengantarnya, program ini menghimpun tidak kurang dari 3000 judul kitab dari berbagai bidang disiplin ilmu keislaman, yang jilidan ke 3000 an kitab tersebut mencapai 6000 jilid lebih. Kitab-kitab tersebut merangkum beberapa disiplin ilmu, yaitu:

Total Judul Kitab : 2770 (tanpa pengulangan cetakan)
Total Jilid: 6100
Halaman : 2875447

Tema-tema Besar
  1. Al-Qur’an :  758 Jilid
  2. Al-Qur’an: 63
  3. Ilmu al-Qur’an : 192
  4. Tafsir: 490
  5. Hadis : 2066
  6. Ilmu Hadis : 135
  7. Rijal Hadis: 258
  8. Matan Hadis :1673
  9. Aqidah : 382
  10. Fiqh : 1013
  11. Ushul Fiqh : 253
  12. Bahasa : 456
  13. Dakwah : 58
  14. Tarbiyah : 40
  15. Sejarah : 712
  16. Einsoklopedi : 99
  17. Lain-lain : 209

Sumber Data
Sumber data program ini mutlak dari www.waqfeya.com. Hal itu mengingat situs ini situs waqaf yang berarti kitab yang ditampilkanpun sudah menjadi milik ummat karena sudah diwaqafkan. Wal hasil, tidak ada lagi hal yan berhubungan dengan hak cipta. Karena barang wakaf, maka penulispun menjadikan program ini terbuka, dalam artian penulis tidak menguncinya dan tidak mendaftarkan hak copyright, penulis hanya kan mendaftarkan hak ciptanya saja, dengan maksud untuk menutup kemungkinan orang menyalahgunakan program ini.

Walau bagaimanapun sebuah program memiliki kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan perpustakaan Islam digital ini memiliki kekurangan diantaranya banyak kitab-kitab populer yang belum di scanning sehingga belum ada file kitabnya di database. Selain itu, dikarenakan perpustakaan ini berbasis file pdf, sehingga pencarian nama kitab untuk sekarang hanya bisa dilakukan secara manual. Akan tetapi, terlepas dari kekurangan tersebut perpustakaan Islam digital ini tentu saja bisa dijadikan alternatif dalam mencari referensi kitab keislaman.

Bagi sobat Nughazi yang ingin melihat tampilannya bisa langsung meluncur ke situsnya : https://perpustakaanislamdigital.com/index.php
Nughazi Media

Nughazi Media adalah media publikasi berbagai aplikasi ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama dalam berbagai format digital.

Post a Comment

Peraturan berkomentar :
1. DILARANG melakukan SPAM pada KOMENTAR blog ini.
2. DILARANG memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia.
3. DILARANG memberikan komentar diluar pembahasan/OOT(Out of Topic).
4. DILARANG melakukan PROMOSI/IKLAN.
5. DILARANG menyebarkan informasi palsu/Hoax.

Previous Post Next Post