Software: Ensiklopedi Tafsir dan Ulum al-Quran


Perkembangan teknologi yang sedang melaju pesat turut membantu perkembangan kehidupan di berbagai bidang, termasuk bidang kajian al-Qur’an dan al-Hadis. Berbagai macam software ensiklopedi kitab telah dihadirkan untuk membantu proses kajian. Salah satunya adalah software Ensiklopedi Tafsir dan Ulum al-Quran (Mausu’ah al-Tafsir wa ‘Ulumi al-Qur’an). Dengan berbagai menu yang dimiliki, software ini dapat mendukung kajian tafsir secara lebih mendalam.

 Software Mausu’ah al-Tafsir wa Ulumi al-Qur’an adalah software yang berisi kumpulan kitab-kitab tafsir dan kitab ilmu al-Qur’an. Software ini menghimpun 16 kitab rujukan. Software ini dibuat oleh al-Syibkah al-Islamiyah (Islam Web) Qatar pada tahun 2012 yang kemudian dipasarkan secara gratis di situsnya.

Di antara kelebihan dari software ini adalah terdapat indeks tematik yang berisi lebih dari 13 ribu tema; dapat menampilkan alQur’an dan menghubungkan ayat dengan tafsirnya dari seluruh kitab yang terdapat dalam software; terdapat takhrij hadis-hadis yang terdapat dalam kitab-kitab tafsir yang sedang dikaji; terdapat keterangan tentang biografi ulama atau perawi yang terdapat dalam kitab yang sedang dikaji; sofware ini juga memilki fitur untuk memberikan catatan atau komentar terhadap teks yang sedang dikaji dan menyimpannya.

Adapun kekurangan dari software ini antara lain adalah jumlah kitab rujukan yang masih relatif sedikit dibandingkan dengan software kitab lainnya. Selain itu, takhrij hadis hanya bersumber dari dua kitab yaitu Shahih Bukhari dan Shahih Muslim. Sedangkan rujukan biografi ulama hanya bersumber dari kitab Siyar A’lam al-Nubala`.

Bagi sobat Nughazi yang konsen dengan Tafsir al-Quran beserta ilmu-ilmunya atau penasaran untuk mencobanya bisa mengunduhnya langsung melalui tautan berikut: https://www.islamweb.net/ar/redirectlink.php?dtype=2

Nughazi Media

Nughazi Media adalah media publikasi berbagai aplikasi ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama dalam berbagai format digital.

Post a Comment

Peraturan berkomentar :
1. DILARANG melakukan SPAM pada KOMENTAR blog ini.
2. DILARANG memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia.
3. DILARANG memberikan komentar diluar pembahasan/OOT(Out of Topic).
4. DILARANG melakukan PROMOSI/IKLAN.
5. DILARANG menyebarkan informasi palsu/Hoax.

Previous Post Next Post