Gratis Unduh: 7 Mushaf Al-Quran Istimewa


Tidak diragukan lagi jika al-Quran merupakan wahyu Allah Subhanahu wa Ta'ala yang teramat istimewa. Bukan hanya sebatas bacaan namun juga sebagai petunjuk dan pedoman manusia untuk melaksanakan tugas hidup sebagai makhluk Allah Subhanahu wa Ta'ala di dunia.

Dengan keistimewaannya al-Quran telah banyak dicetak dalam berbagai desain baik tampilan maupun konten yang menyertai mushaf al-Quran tersebut seperti tafsir, i'rab, dan lainnya bahkan sampai kepada teknis seperti tahfizh dan latihan menulis. 

Kali ini Nughazi Media membagikan sebagian dari mushaf al-Quran yang beredar dan dapat diunduh (download) di internet, tentunya tanpa harus membayarnya sepeserpun alias gratis. Berikut mushaf yang dapat dibagikan pada postingan kali ini:

1. Mushaf Tadabbur dan Amal

Mushaf Tadabbur dan Amal berarti mushaf yang menunjang kebutuhan untuk tadabbur dan pengamalan atau pengimplementasian ayat-ayat dalam kehidupan. Dilengkapi dengan panduan tadabbur setiap ayat yang diambil dari kitab-kitab tafsir lain seperti Ibnu Katsir, As-Sa’adi, dan lain-lain dan disertai dengan pertanyaan yang membantu proses tadabbur. Di dalam mushaf ini juga dipandu pengamalan ayat setiap halaman mushaf, disertakan pula kosakata dari beberapa kata yang asing atau butuh penjelasan.

2. Mushaf I’rab Quran

Mushaf ini adalah mushaf yang memberikan penjelasan quran dari sisi gramatikal. Penjelasan gramatikal (I’rab) dituliskan di bagian samping setiap halaman Mushaf. Mushaf ini cocok bagi mereka yang sedang belajar bahasa arab terutama jika menginginkan pengetahuan gramatikal Quran yang merupakan sumber gramar dari bahasa arab itu sendiri. Jadi, Bahasa arab itu pada mulanya tidak memiliki aturan gramatikal. Setelah quran diturunkan, maka gramar bahasa arab mulai dibukukan berdasarkan gramatikal quran.

3. Mushaf Tafsir Tematik Al-Mutkin

Mushaf Tafsir Tematik (مصحف التفسير الموضوعي للحافظ المتقن) memberikan perincian tema dan dilengkapi dengan asbabun-nuzul, kosakata (mufrodat), dan pengelompokan ayat dalam surat berdasarkan tema. Mushaf ini sebagai pelengkap Mushaf nomor 7 di atas. Kalau pada mushaf no 7 diberikan tema umum dari sebuah surat disertai tafsir, maka di dalam mushaf ini beberapa ayat diklasifikasikan dan diberi temanya. Analog dengan sebuah buku, jika surat dalam al-quran dianalogikan dengan bab, maka tema dari kumpulan ayat ini bisa dikatakan sebagai sub-bab. 

4. Mushaf Ringkasan Tafsir

Mushaf Ringkasan Tafsir (مصحف المختصرفي تفسير القرءان الكريم) Mushaf ini memberikan tema umum setiap surat disertai dengan tafsir setiap ayatnya. Mushaf ini cocok bagi pentadabbur quran dan juga penghafal quran yang ingin sekaligus mengetahui tema global dari sebuah surat beserta tafsir masing-masing ayatnya.

5. Mushaf Mutasyabihat al-Ayaat

Tak dapat dipungkiri ketika kita membaca Al-Quran, seringkali menemukan kata atau kalimat yang serupa antara ayat di satu surat dengan surat lainnya. Dengan adanya hal tersebut, maka salah satu dampaknya adalah ketika menghafal atau mengulang hafalan kadang sering terjadi loncatan ayat / surat. Mushaf ini memberikan beberapa kalimat dari ayat lain yang mirip dengan ayat yang sedang dibaca. Di dalam mushaf ini, kata atau kalimat yang memiliki kemiripan tadi dituliskan di setiap halaman mushaf. Mushaf ini cocok bagi para penghafal quran yang sering tertukar antara ayat yang satu dengan dengan ayat yang lain di dalam Al-Quran.

6. Mushaf 10 Qira'at

Judul asli dari mushaf ini adalah الشامل في قراءات الأئمة العشر الكوامل من طريقي الشاطبية والدرة بهامش مصحف القراءات التعليمي بالترميز اللوني karya DR. Ahmad Isa al-Mi’sharawi, Ketua Komite Pemeriksa Al-Mushaf Asy-Syarif di Al-Azhar dan guru mayoritas qari di Mesir. Di dalam mushaf ini dipaparkan perbedaan cara membaca al-Quran dari 10 imam yang masyhur. Dilengkapi dengan warna untuk mengetahui kata mana saja dalam mushaf yang mengalami perbedaan dalam cara membaca sekaligus keterangan cara membaca di samping halaman. Keterangan dalam bahasa arab.

7. Mushaf Tajwid dan Tahfidz

Mushaf flash ini adalah mushaf tajwid disertai dengan pengelompokan ayat berdasarkan tema dan juga makna beberapa kata untuk menunjang proses mengahafalnya. Keterangan dan tema dituliskan di pinggir mushaf dengan bahasa arab. Dilengkapi juga dengan urutan kata pertama setiap ayat yang diletakkan pada bagian bawah setiap halaman, sehingga memudahkan para penghafal untuk mengingat awal kata setiap ayat.

Demikian postingan kali ini yang diambil dari website milik hadiyawarman. Sekian mudah-mudahan bermanfaat.

Nughazi Media

Nughazi Media adalah media publikasi berbagai aplikasi ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama dalam berbagai format digital.

Post a Comment

Peraturan berkomentar :
1. DILARANG melakukan SPAM pada KOMENTAR blog ini.
2. DILARANG memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia.
3. DILARANG memberikan komentar diluar pembahasan/OOT(Out of Topic).
4. DILARANG melakukan PROMOSI/IKLAN.
5. DILARANG menyebarkan informasi palsu/Hoax.

Previous Post Next Post