Calibre: Mengelola Koleksi E-Book Tanpa Ribet


Calibre merupakan aplikasi manajemen perpustakaan yang bersifat opensource dan freeware untuk mengelola koleksi berbentuk e-book atau buku elektronik. Aplikasi ini dikembangkan oleh kovid goyal dan mulai dipublikasikan pada tanggal 31 Oktober 2006 dengan nama SONY PRS-500 yaitu e-ink (tinta elektrik) pertama berbasis pembaca untuk dijual secara komersial di Amerika Serikat. Pada awalnya PRS-500 ini tidak bisa berjalan di sistem operasi Linux tapi setelah pengembang aplikasi ini melakukan reverse engineering protokol USB, akhirnya dapat berjalan dengan baik. Lalu PRS-500 ini diaplikasikan ke website mobileread.com dan diberi nama libprs500. Baru pada pertengahan 2008, nama libprs500 diganti dengan nama calibre dengan sedikit perubahan pada bagian grafis antarmuka agar lebih mudah digunakan dan juga menambahkan konverter ke format LRF.

Calibre cukup mudah digunakan. Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi. Setelah selesai, Anda akan disambut oleh ‘Panduan Selamat Datang’. Sebutkan tempat di mana Anda ingin perangkat lunak untuk mengelola eBuku Anda. Dianjurkan untuk membuat folder baru untuk tujuan ini. Selanjutnya, sebutkan perangkat, pembaca e-book yang Anda gunakan. Setelah proses ini selesai, Calibre akan dikonfigurasi dan memungkinkan Anda mengelola koleksi eBuku Anda.

Format yang didukung

Untuk masukan file (Input), format file yang didukung yaitu : CBZ, CBR, CBC, CHM, EPUB, FB2, HTML, LIT, LRF, MOBI, ODT, PDF, PRC**, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT.

Selanjutnya untuk keluaran atau hasil konversi ebook (Output) adalah : EPUB, FB2, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PML, RB, PDF, SNB, TCR, TXT

Melihat format-format diatas, format dokumen doc tidak terlihat. Hal ini karena format doc dinilai kurang (tidak) konsisten dengan spesifikasi formatnya sendiri. Sehingga jika kita punya dokumen dalam format doc, sebaiknya disimpan (export) dalam format PDF terlebih dahulu atau disimpan dalam format RTF, baru kemudian di konversi ke format ebook lainnya.

Anda dapat menjalankan opsi pada menu antarmuka diantaranya berikut,

Tambahkan buku: Anda dapat menambahkan dan mengatur buku di perpustakaan dengan mengklik ‘Tambahkan Buku’. Saat Anda membuat pilihan, buku akan diunduh secara otomatis. Namun, ketika melakukan hal itu akan menampilkan pemberitahuan untuk menunjukkan kemajuan.

Edit metadata: Klik buku yang ingin Anda edit dan kemudian klik Edit metadata atau tekan tombol E. Dialog terbuka yang memungkinkan Anda untuk mengedit semua aspek metadata (Judul, penulis, dll.). Opsi ini mencakup banyak fitur yang membuat pengeditan lebih cepat dan lebih efisien.

Konversikan buku: Secara default, Calibre mendukung lebih dari selusin format teks e-book standar. Jika diperlukan, Anda dapat menambahkan plugin untuk mengaktifkan lebih banyak fitur konversi. Ingat, konversi dapat dilakukan pada satu buku, atau dalam kelompok dan Kaliber menerima sejumlah format masukan. Selain itu, ia memiliki banyak opsi lain juga untuk menyempurnakan proses konversi dan meningkatkan hasilnya.

Melihat: Jika Anda suka membaca e-book apa pun di PC Anda dalam format yang disukai cukup klik 'Melihat' dan Anda akan siap untuk membacanya.

Dapatkan buku: Opsi ini membantu Anda mencari eBook yang Anda inginkan di berbagai sumber buku domain komersial dan publik.

Perangkat lunak ini menawarkan banyak opsi lain juga. Penting untuk disebutkan di sini bahwa program ini tidak hanya mengubah konten asli Anda tetapi mengonfigurasi buku digital yang sudah ada ke format yang tepat dan menyinkronkan ke pembaca yang terhubung.

Tertarik untuk mencobanya? Silahkan download pada link berikut: https://calibre-ebook.com/download

Nughazi Media

Nughazi Media adalah media publikasi berbagai aplikasi ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama dalam berbagai format digital.

Post a Comment

Peraturan berkomentar :
1. DILARANG melakukan SPAM pada KOMENTAR blog ini.
2. DILARANG memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia.
3. DILARANG memberikan komentar diluar pembahasan/OOT(Out of Topic).
4. DILARANG melakukan PROMOSI/IKLAN.
5. DILARANG menyebarkan informasi palsu/Hoax.

Previous Post Next Post