Software Hadits: Al-Jami’ Lil hadits An-Nabawi


Software Al-Jami’ Lil hadits An-Nabawi merupakan salah satu software hadits terlengkap saat ini. Di dalam software ini terdapat 521.745 hadits, 28.954 tema, 2.794.358 Rijal Isnad, dan 478.144 penjelasan kosakata asing dilengkapi dengan fitur-fitur bermanfaat seperti tema kajian, penjelasan perawi, penjelasan kosakata asing (gharibul fadl), serta derajat haditsnya.

Pembuatan software ini memakan waktu cukup lama yakni 3 tahun. Software ini dibuat oleh para ulama dan pengkaji yang ahli di bidang hadits. Para ulama mengambil 401 kitab Ulumul hadits dan kitab hadits untuk dijadikan referensi dari software ini.software ini menggunakan bahasa Arab, jadi kita perlu mengetahui beberapa fitur yang ada di dalamnya sebelum menggunakannya. Diantara menu yang harus diketahui adalah:

1. Menuعرض , berfungsi untuk menampilkan dan menjelaskan nama kitab, nama pengaran kitab, jenis kitab, tingkatan mushanif, tahun wafat, tentang pengarang kitab, nasikh wa mansukh, dan kitab atrof wa takhrij.
2. Menu بحث  berfungsi untuk mencari hadis Nabi SAW. 
3. Apabila kita ingin mencari hadis menggunakan potongan hadisnya saja, kita bisa memilih bagian, صرفي di menu ini kita juga bisa menentukan dari sumber kitab mana saja hadits yang ingin kita cari. Kita juga bisa memilih berdasarkan urutan kalimat dan jenis pencariannya. 
4. Di menu صرفي ada bagian yang bertuliskan رواة yang berfungsi untuk mencari biografi dari perawi-perawi hadis Nabi SAW. caranya tinggal memasukkan nama perawi, nama laqabnya, nama nasabnya, tahun lahirnya, tahun wafatnya, tingkatan rawi, nama kunyah, dan nama Mashurnya. 
5. menu تخريج ألي yang bisa digunakan jika orang yang menggunakan software ini ingin menambahkan hadis yang apabila software ini tidak bisa menemukan hadis yang diinginkan pengguna. 
6. Menu تقسيم الموضوعي, dengan adanya menu ini pengguna akan dimudahkan dalam memahami maksud tema hadis tersebut yang telah dibagi menjadi beberapa tema yang diantaranya tentang sejarah, aqidah, akhlak dan adab, fiqih, tafsir dan sebagainya.

Kelebihan
1. Menu yang lengkap sehingga mudah untuk dioperasikan.
2. Klasifikasi kitab yang menjadi sumber referensi dari software dijelaskan secara lengkap. 
3. Memiliki warna berbeda di tulisannya, antara nama perawi, teks hadits, dan nama kitab. 
4. Dapat menyimpan hasil pencarian, dilengkapi bagan sanad, takhrij hadits, kitab athraf, dan lain lain.
5. Pengguna juga dapat menambahkan keterangan dari hadis yang ditambahkan, seperti penjelasan lengkap dan seluk beluk hadis tersebut.
6. Pengguna bisa mengganti urutan hadis yang ditampilkan berdasarkan struktur hadits, ataupun awalan dari hadits tersebut.

Kekurangan
1. Software terkesan lambat dalam penggunaannya karena memori software ini cukup besar. 
2. Huruf-huruf tidak dilengkapi dengan harokat, sehingga untuk pengguna yang belum familiar dengan bahasa Arab akan sangat kesulitan. 
3. Tulisan di dalam software ini juga tidak dapat dicopy, sehingga pengguna harus menulis ulang tulisan yang ada di software ini.

Untuk mendownload software ini, silahkan klik DISINI
Nughazi Media

Nughazi Media adalah media publikasi berbagai aplikasi ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama dalam berbagai format digital.

Post a Comment

Peraturan berkomentar :
1. DILARANG melakukan SPAM pada KOMENTAR blog ini.
2. DILARANG memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia.
3. DILARANG memberikan komentar diluar pembahasan/OOT(Out of Topic).
4. DILARANG melakukan PROMOSI/IKLAN.
5. DILARANG menyebarkan informasi palsu/Hoax.

Previous Post Next Post