Pengertian dan Manfaat Kalender

foto/istockphoto

Kalender adalah sistem pengorganisasian satuan-satuan waktu,untuk tujuan penandaan waktu serta perhitungan waktu dalam jangka panjang. Kalender biasanya terdiri dari hari, tanggal, bulan dan tahun.

Kalender sering disebut juga dengan Almanak, berasal dari bahasa Arab Al-Manâkh yang berarti musim atau iklim, yaitu suatu publikasi tahunanyang mengandung informasi tabular pada suatu atau beberapa topik yang disusun sesuai dengan kalender. (Wikipedia)

Didalam Almanak terdapat data astronomi dan berbagai informasi seperti : waktu terbit dan terbenam Matahari dan Bulan, gerhana, waktu pasang tinggi, perayaan keagamaan dan sebagainya. Tujuan awal Almanak adalah untuk memberikan informasi mengenai cuaca atau musim yang dipergunakan bagi kepentingan pertanian.

Dalam satu tahun, kalender terdiri dari 12 bulan. Satu bulan terdiri dari 4 atau 5 minggu dan satu minggu terdiri dari 7 hari, yaitu Ahad, Senin, Selasa, Rabu, Kamis Jumat dan Sabtu, Allah Subhânahu wa Ta’âla berfirman :

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa. (Qs. At-Taubah/9:36)

Ayat diatas dengan sangat jelas Allah Subhânahu wa Ta’âla menyebutkan bahwa jumlah bulan dalam satu tahun adalah 12 (dua belas) sebagai jawaban bagi bangsa Arab jahiliyyah yang suka menambah bilangan bulan menjadi 13 (tiga belas) bulan. Adapun yang dimaksud dengan empat bulan haram adalah bulan Dzul Qa’dah, Dzul Hijjah, Muharram dan Rajab. Hal ini dijelaskan dalam hadits Rasulullah Shallallahu ’Alaihi wa Sallam sebagai berikut :

عَنْ أَبِي بَكْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الزَّمَانُ قَدْ اسْتَدَارَ كَهَيْئَةِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

dari [Abu Bakrah] dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam "Waktu berputar sebagaimana keadaannya semula ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Tahun terdiri dari dua belas bulan, empat diantaranya adalah bulan suci, tiga berurutan, yaitu Dzul qa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram, dan yang ke empat adalah Rajab yang dinamai sebagai penghormatan terhadap suku Mudlar, teletak di antara bulan Jumadah (Al Tsaniyah) dan Sya'ban." (Shahih al-Bukhari, 4/107 no. 3197)

Manfaat Kalender

Manfaat dari pembuatan kalender atau almanak bagi manusia diantaranya :

1. Memudahkan manusia dalam merencanakan atau menentukan waktu suatu kegiatan baik yang berhubungan dengan negara,keluarga, pendidikan atau yang lainnya seperti pemilihan umum (pemilu), ujian semester, pernikahan, wisata dan sebagainya. 

2. Menandai waktu-waktu ibadah manusia seperti shaum, zakat dan haji serta lainnya yang ditentukan salah satunya dengan hilal. Allah Subhânahu wa Ta’âla berfirman:

۞ يَسـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْاَهِلَّةِ ۗ قُلْ هِيَ مَوَاقِيْتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ ۗ وَلَيْسَ الْبِرُّ بِاَنْ تَأْتُوا الْبُيُوْتَ مِنْ ظُهُوْرِهَا وَلٰكِنَّ الْبِرَّ مَنِ اتَّقٰىۚ وَأْتُوا الْبُيُوْتَ مِنْ اَبْوَابِهَا ۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang bulan sabit. Katakanlah, “Itu adalah (penunjuk) waktu bagi manusia dan (ibadah) haji.” Dan bukanlah suatu kebajikan memasuki rumah dari atasnya, tetapi kebajikan adalah (kebajikan) orang yang bertakwa. Masukilah rumah-rumah dari pintu-pintunya, dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung. (Qs. Al-Baqarah/2: 189) 

Nughazi Media

Nughazi Media adalah media publikasi berbagai aplikasi ilmu pengetahuan, pendidikan dan agama dalam berbagai format digital.

Post a Comment

Peraturan berkomentar :
1. DILARANG melakukan SPAM pada KOMENTAR blog ini.
2. DILARANG memberikan komentar yang melanggar hukum Indonesia.
3. DILARANG memberikan komentar diluar pembahasan/OOT(Out of Topic).
4. DILARANG melakukan PROMOSI/IKLAN.
5. DILARANG menyebarkan informasi palsu/Hoax.

Previous Post Next Post